Kamis, 25 Februari 2010

Weekend Tetap Ngeblog?

Saat ini, hampir semua orang familiar dengan blog. Bahkan tidak hanya memiliki satu blog saja. Ada yang dua, tiga, kadang puluhan. Tidak sedikit waktu yang diperlukan untuk mengelolanya.

Bagi blogger profesional, yang menggunakan seluruh waktunya untuk ngeblog dan mendapatkan penghasilan dari blog, tentu pertanyaan di atas dengan sendirinya terjawab: YA.

Tetapi bukan sampai di situ saja pertanyaannya. Jika memang masih ngeblog dengan intensitas yang sama di akhir pekan, apa saja yang Anda lakukan?

Sebagian besar dari Anda, saya percaya belum secara penuh sebagai blogger profesional. Artinya, masih memiliki pekerjaan lain di luar sebagai blogger. Nah tentu di akhir pekan kegiatan Anda lain dari pada selama minggu kerja [di kantor, di toko, di pabrik dan lain sebaginya].

Ketika secara pribadi saya bertanya kepada beberapa rekan, berikut jawaban yang saya peroleh:

1. Ya. Saya menulis beberapa postingan untuk di publish satu minggu ke depan.

Kalo kata orang, yang nomer satu ini “Gue Banget”. Saya menulis di akhir pekan dengan alasan tidak banyak tugas kantor yang harus dikerjakan. Jika selama minggu kerja, ada saja gangguan yang saya temui. Meskipun tema-tema yang akan saya tulis telah saya kumpulkan selama satu minggu, saya baru akan duduk tenang untuk menulis ketika akhir pekan. Syaratnya, cukup ada Djarum Black. ;-)

Saya menulis 5 sampai dengan 6 tulisan yang akan saya jadwalkan selama satu minggu. Untuk hari Sabtu dan Minggu, saya hanya akan memposting di salah satu hari saja, karena pengunjung blog akan lebih sedikit ketika hari-hari tersebut.

2. Tidak. Saya menggunakan waktu untuk keluarga atau diri sendiri.

Nah, biasanya blogger yang seperti ini kerjanya di luar kota dan harus ‘mudik’ ketika weekend. Senin sampai dengan Jumat sudah dihabiskan untuk bekerja, Sabtu dan Minggu diberikan untuk keluarga di rumah.

Atau bisa juga untuk para bujangan [jomblowan dan jomblowati] untuk bersosialisasi dan bermain bersama teman-teman dalam kehidupan nyata. Jalan-jalan ke Mall, nonton, belanja, ngerumpi, bersih-bersih kamar kost, nyuci baju kotor dan setrika, naik gunung, touring, clubbing dan lain sebagainya adalah jawaban favorit.

Betul, nggak?

3. Ya. Saya tetap ngeblog meski di akhir minggu.

Blogger dengan tipe ini, ngeblog secara reguler, menulis post juga setiap hari. Jadi ngeblog tidak terpengaruh dengan hari kerja atau tidak.

Libur ngeblog pun tidak dikarenakan weekend, tetapi bisa saja libur ngeblog di hari kerja.

4. Ya. Hanya saya menulis postingan yang lebih ringan.

Bila di hari kerja kita menulis postingan dengan grade A, di akhir pekan kita bisa tetap ngeblog dengan menulis postingan yang lebih ringan, grade B.

Bisa berupa cerita lucu, review blog lain, postingan pertanyaan [seperti judul ini], atau mengadakan polling.

5. Ya. Malah saya ngeblog lebih lama di weekend.

Ada juga blogger yang justru ngeblog lebih lama lagi ketika weekend dibandingkan dengan hari biasa.

Di hari biasa, pekerjaannya menuntut konsentrasi dan waktu yang lama sehingga sudah tidak bisa lagi digunakan untuk ngeblog, maka satu-satunya pilihan agar dapat mengembangkan blognya adalah memaksimalkan waktu ngeblog di akhir pekan. Ditemani oleh Djarum Black kesukaan. ;-)

6. Ya dan Tidak. Tidak ada strategi khusus yang diterapkan.

Ketika muncul ide yang akan ditulis, ya ngeblog. Jika tidak ada ide, ya nggak ngeblog. Begitu kira-kira yang diungkapkan oleh blogger jenis ini.

Anda sendiri termasuk blogger jenis yang mana?

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Doocu.Com - Free PDF upload and share