Selasa, 09 Februari 2010

Bersyukur Jakarta Tidak Banjir

Bukannya saya mengharapkan adanya bencana di kota tercinta ini, tetapi kalo mengingat beberapa tahun belakangan ini selalu saja banjir terjadi, agak mengherankan jika tahun ini tidak terjadi.



Penggundulan hutan yang menyebabkan hilangnya daerah resapan air ditengarai menjadi penyebab banjir yang melanda beberapa kota di Indonesia. Dalam hal ini adalah hutan-hutan yang ada di daerah sekitar kota Jakarta, karena Jakarta tentunya sudah tidak lagi memiliki hutan.

Pembangunan, menjadi alasan untuk perluasan wilayah hidup manusia, yang biasanya mengabaikan perbaikan lingkungan. Gedung-gedung membutuhkan dihilangkannya sebagian hutan yang ada, dan tidak sebanding dengan laju pertumbuhan penghijauan yang ada.

Meski program penanaman pohon digalakkan, tidak bisa mengimbangi banyaknya hutan yang rusak.

Kembali ke masalah Jakarta yang kini tidak banjir, pasti ada penyebabnya. Saya menduga, memang ada hubungannya dengan konsep yang sudah mulai 'ke jalur yang benar'. Pembangunan Kanal Timur yang memang dimaksudkan untuk menanggulangi banjir yang terjadi di Jakarta.

Meski begitu, kita sebagai warga negara, Black Community, agar selalu waspada dengan lingkungan sekitar kita. Kita tidak boleh mengendurkan kewaspadaan terhadap bahaya banjir yang masih menjadi ancaman bagi Ibu Kota.

Gambar diambil dari berita jakarta dot com.

~~~

Jika tertarik, Anda juga bisa mengikuti Blackinnovationawards yang diselenggarakan juga oleh Djarum Black.

2 komentar:

Pongky Toding mengatakan...

terus berbagi informasi di blog, berbagi itu indah, jangan lupa vote www.bimbinganmu.blogspot.com di djarum black blog competition vol.2

Unknown mengatakan...

Permisi, saling kunjung ya di blog BUJANG RIAU....
http://www.darma-saputra.co.cc/, di tunggu ya kedatangan sobat bloger setanah air, salam kenal


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Doocu.Com - Free PDF upload and share