Senin, 02 November 2009

Aspal, Si Hitam Memperlancar Jalan


Untuk para anggota Black Car Community dan Black Motor Community, pasti sudah nggak asing lagi sama yang namanya ASPAL. Ya! Lapisan HITAM yang menyelimuti tanah itu, bermanfaat agar laju kendaraan [motor dan mobil] bertambah cepat.

Tapi kini, di Indonesia, keadaan jalan sering kali ditemui lubang di sana-sini sehingga pengguna jalan menjadi bersungut-sungut karena tidak nyaman; terguncang-guncang dalam mengendarai motor atau mobilnya. Waktu tempuh di atas jalan berlubang pun menjadi lebih lama dan tak jarang mengakibatkan kemacetan, karena mobil terpaksa memperlambat jalannya, menghindari terperosok masuk lubang.


Lubang di jalanan tidak saja diakibatkan oleh rendahnya kualitas aspal yang dipakai, tetapi juga karena cuaca di Indonesia yang mengakibatkan jalanan menjadi mudah rusak. Tingginya curah hujan mengakibatkan sering terjadi genangan air di jalan. Mungkin terdengar sepele, tetapi genangan air di jalanlah yang membuat aspal terendam menjadi cepat rusak.

Diselenggarakannya blackinnovationawadrs, siapa tahu ada inovator yang bisa menciptakan alat untuk memperlambat kerusakan aspal jalan, sehingga para anggota Black Car Community dan Black Motor Community bisa berterimakasih karena jalanan tetap mulus.

Aspal, sebenarnya banyak dihasilkan oleh Indonesia. Jadi, tidak semestinya ya, kalo jalanan banyak yang berlubang. Hehehe...

Penghasil aspal di Indonesia yang terbesar adalah kabupaten buton. Potensi cadangan deposit aspal Buton adalah sebanyak kurang lebih 650 juta ton, dengan kadar aspal mencapai 20%. Letaknya hanya 1,5 meter di bawah permukaan tanah. Lawele adalah daerah yang bayak menghasilkan aspal di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Doocu.Com - Free PDF upload and share