Selasa, 10 November 2009

Asap Hitam; Polusi Udara Yang Harus Dienyahkan






Polusi udara terjadi karena adanya peningkatan jumlah gas buang terdiri dari partikel sulfur dioksida, karbon monoksida, nitrogen dioksida dan partikel debu yang tidak ramah lingkungan.

Salah satu faktor terbesar penyebabnya adalah meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang cukup tinggi tetapi tidak diimbangi dengan penambahan jalan baru sehingga menyebabkan kemacetan, pemborosan energi bahan bakar minyak yang pada akhirnya menurunkan kualitas udara.

Kota besar seperti Jakarta bukan lagi tempat yang sehat untuk membesarkan anak karena setiap hari seorang anak harus menghirup udara hitam dari knalpot kendaraan umum. Dalam jangka waktu yang lama, menghirup asap hitam dapat menyebabkan berbagai penyakit saluran pernapasan (ISPA), dan ada yang lebih mengacam anak-anak kita yakni mereka akan menderita penurunan Inteligent Quotien (IQ) otak.


Berdasarkan data yang ada, jelasnya, total estimasi pollutant CO yang diesimasikan dari seluruh aktivitas di Kota Jakarta adalah sekitar 686,864 ton per-tahun atau 48,6% dari jumlah emisi lima pollutant. Penyebab dari pencemaran udara di Jakarta itu sekitar 80% berasal dari sektor transportasi, dan 20% industri serta limbah domestik.


Untuk menanggulangi terjadinya pencemaran udara dapat dilakukan melalui beberapa usaha antara lain:


  • Mengganti bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang tidak menghasilkan gas karbon monoksida.
  • Perlu diupayakan agar pengolahan atau daur ulang limbah asap industri, penghijauan untuk melangsungkan proses fotosintesis dan tidak melakukan pembakaran hutan secara sembarangan.
  • Melakukan reboisasi atau penanaman kembali pohon-pohon pengganti. Yang penting adalah untuk membuka lahan tidak dilakukan pembakaran hutan.
  • Pemerintah mengeluarkan instrumen hukum berupa Peraturan Daerah tentang Pengendalian Pencemaran Udara.



Apa yang sudah saya lakukan untuk mengurangi polusi udara? Memang belum besar, tetapi langkah kecil mungkin berarti: Naik Bus Kota Kemana-Mana.

Postingan ini saya buat khusus untuk mengikuti Djarum Black Blog Competition, sumber gambar dan sebagian informasi saya dapatkan dari forum diskusi Plasa Dot Com. Jika Anda berminat mengikuti kompetisi ngeblog ini, dapat mengunjungi Autoblackthrough.

1 komentar:

Slamet Riyadi mengatakan...

salam blogger, alhamdulilah disemarang masih belum tercemar sekali udaranya
masih segar


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Doocu.Com - Free PDF upload and share